Home » » MENAMBAHKAN RESOLVER PADA LINUX

MENAMBAHKAN RESOLVER PADA LINUX

Posted by NETWORKING SUPPORT on Thursday 2 June 2016

Setelah membahas bagaimana konfigurasi alamat ipv4 pada os linux, selanjutnya saya akan membahas bagaimana menambahkan DNS milik ISP pada sistem operasi Linux. Sebelumnya apa sih DNS itu? DNS yaitu Domain Name Service kalo dibahasa indonesia yaitu Layanan Nama Domain, jadi DNS Server yaitu Server yang melayani lookup sebuah nama domain. Kerja DNS Server dapat saya gambarkan seperti ketika anda ingin mengakses situs www.google.com ,komputer anda akan bertanya kepada Server "Berapa alamat IP dari domain name www.google.com" , spontan server menjawab sekaligus mengarahkan komputer agan untuk mencapai alamat dari domain www.google.com "Nih dia alamat ip www.google.com yaitu :
(ilustrasi tanya jawab antara komputer saya dengan server dns)

(Nih konfigurasi alamat IP dan DNS Server komputer saya)


Nah begitulah ilustrasinya singkatnya, yok tanpa basa-basi lagi buka terminal linux agan dan ikuti langkahnya sebagai berikut:
1) Pastikan anda mengetahui dan meng setup username dan password miliki Root/SuperUser/su. Setup ini dilakukan saat pertama kali anda memasang sistem operasi linux anda.

2) Buka Terminal Linux, kemudian Login user menggunakan username Root/SuperUser/su, Eksekusi perintah su kemudian Enter inputkan password user Root anda.

                                 

3) Buka dan Edit file konfigurasi yang ada pada directory /etc/resolv.conf, file ini digunakan oleh system untuk menambahkan alamat IP dari Resolver (DNS Server) yang nantinya melayani komputer agan untuk menjawab permintaan resolv dns/ query dns (Seperti pada ilustrasi tadi). Tambahkan alamat ip DNS Server dengan menulis nameserver alamat_ip_DNS_Server. 
Eksekusi perintah berikut untuk membuka file konfigurasi resolv.conf: nano /etc/resolv.conf


4)Setelah selesai mengkonfigurasi keluar dan simpan perubahan pada file konfigurasi tersebut, dengan menekan tombo ctrl+x (exit) kemudian inputkan karakter Y untuk menyetujui menyimpan konfigurasi. Selanjutnya restart service nya agar konfigurasi penambahan RESOLVER di muat oleh system, nama service yang menangani ini yaitu service networking.
Eksekusi perintah: service networking restart 

5)Selanjutnya yaitu pengujian, caranya mudah anda tinggal melakukan lookup domain name yang ingin diketahui alamat IP nya. Contoh: mencari alamat IP dari www.google.com sehingga perintah yang dieksekusi pada terminal linux yaitu: nslookup www.google.com atau anda bisa langsung membuka web browser kemudian mengakses url www.google.com. Karena saya menggunakan DNS Server lokal sebagai bahan uji coba konfigurasi resolver, saya hanya me lookup domain name yang sudah saya buat dan daftarkan ke DNS Server milik saya.
(Untuk me lookup sebuah domain name gunakan perintah dasar berikut: nslookup alamat_domain)

Nah begitulah akhirnya, mudah kan :D. NB*: oh iya sebagai catatan umumnya DNS Server yang harus dituliskan pada resolver yaitu alamat DNS Server yang diberikan oleh pihak ISP atau penyedian jasa layanan internet seperti TELKOM SPEEDY.  Terimakasih sudah berkunjung ke laman blogku, bantu up dan share ya gan siapa tahu ada yang kesulitan melakukan praktek khususnya siswa smk tkj, hehe:D. Sekalian di Follow juga ya, habis ini ane mau share bagaimana setting hostname (NAMA KOMPUTER) pada sistem operasi Linux.







0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}