Home » » MOUNTING REMOVABLE DISK DI LINUX TERMINAL

MOUNTING REMOVABLE DISK DI LINUX TERMINAL

Posted by NETWORKING SUPPORT on Monday 6 June 2016

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mounting flashdisk ke dalam sebuah direktori pada sistem operasi linux, pertama yang harus kita ketahui apa sih tujuan mounting? Mounting yaitu memuat jadi tujuannya yaitu memuat sebuah flashdisk kedalam sebuah direktori untuk dibuka, dilihat, dicopy, dihapus data yang ada didalam flashdisk tersebut.

Kalo dalam sistem operasi LINUX mode GUI (Graphical User Interface) flashdisk otomatis di mounting oleh sistem sehingga isi dari flashdisk dapat diakses dengan mudah oleh pengguna. Tapi bagaiman jika sistem operasi Linux berada dalam Mode text? Hal ini menjadi latar belakang penulis membuat artikel ini.

Simak: MOUNTING FILE ISO ON LINUX TERMINAL

Dalam mounting flashdisk pada Linux mode Text hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu meng inputkan flashdisk ke port usb komputer agan :D(Jelas wahh); kedua ketahui ID dari device flashdisk tersebut (Umumnya sistem operasi linux memberikan ID kepada removable storage dengan sebutan sda,sdb,sdc,sdd, dan seterusnya) Kalo di Windows ID untuk storage device dikenal dengan sebutan Local Disk A, Local Disk B, Lokal Disk C, dan seterusnya. Berbeda dengan Linux yaitu menggunakan sda yang artinya System Disk A;  ketiga buat folder yang digunakan sebagai folder destinasi mounting flashdisk, artinya jika sebuah flashdisk ber id sdb1 di mounting pada direktori /home/flashdisk1 maka isi dari flashdisk ber id sdb1 dapat dilihat oleh pengguna di direktori /home/flashdisk1. Singkat pada dan jelas kan, yuk kita simak langkah kerja dibawah ini:

      1. Sebelum melakukan praktek yuk kita cek isi flashdisk melalui sistem operasi Windows
2

    2. Yuk kita hidupkan sistem operasi Linux kita, kemudian buka Terminal dan masuk menggunakan super        user/su/Root,
    3.  Cek id storage dengan meng eksekusi perintah fdisk -l
( /dev/sda1 adalah partisi swap linux,* artinya masterbootrecord disimpan disitu;/dev/sda2dan /dev/sda5 adalah partisi extended milik RootFileSystem linux;Ketiga partisi merupakan bagian dari storage hardisk be id sda )

    4. Yang ditampilkan diatas yaitu internal storage komputer kamu, selanjutnya masukkan Flashdisk kamu ke      port usb komputer kamu. Kemudian eksekusi perintah fdisk -l apakah flashdisk yang kamu masukkan          terdeteksi di layat Terminal? Jelas Detect lah Bang :D :v
( /dev/sdb1 adalah partisi flashdisk ane, tengok pada notif size flashdisk ane berkapasitas 7,2GB dengan tipe FAT32)

    5. Udah tau kan flashdisk kamu ber id sdb1 (Id bisa beda loh, berhubung pada screen tutorial ini kebetulan      flashdisk ane diberi id sdb1 oleh mas Linux :D), selanjutnya yaitu membuat direktori destinasi mounting    flashdisk kamu. Dengan mengeksekusi perintah mkdir nama_direktori singkatan perintah ini yaitu Make      Directory.

( NB*: Pada screen tutorial ini saya membuat direktori baru didalam direktori /home; ls nama_folder merupakan perintah yang digunakan untuk melihat isi dari folder yang ditunjuk )

    6. Pada bagian Mounting eksekusi perintah mount id_Flashdisk direktori_mounting, perintah mount tidak hanya digunakan untuk melakukan mounting storage saja namun juga bisa digunakan untuk melakukan mounting file iso mirip software Daemon Tool
( Setelah selesai dieksekusi mounting, saya mencoba untuk melihat isi dari flashdisk yang saya mount pada direktori /home/flashdisk1 dengan menggunakan perintah ls )

Nah mudahkan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih saya ucapkan kepada anda yang telah melakukan kunjungan ke lamab blog saya. Jangan lupa follow dan share artikel ini dengan teman-teman anda yang bergelut dibidak administrasi server, komputerisasi linux, linux terminal, yang sekolah di teknik komputer dan  jaringan, yang mau ikut lomba LKS SMK IT NETWORKING SUPPOR 2016, yang belajar pakek linux, dan lain sebagainya. Senang rasanya bisa berbagi ilmu dan pengalaman bersama. Anda bisa copy artikel ini dengan mencantumkan alamat blog saya. Semoga bermanfaat, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas luang waktu yang anda berikan untuk membaca dan meng share artikel saya.


Assalamualaikum Warrohmatullohhiwabarokatu..
Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan di tahun 2016 ini, semoga puasa kita kedepan diterima oleh ALLAH SWT.. Aamiin

Jumpa episode selanjutnya : MOUNTING FILE ISO ON LINUX TERMINAL









0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}