Home » » SETTING REPOSITORY LINUX WITH FILE ISO

SETTING REPOSITORY LINUX WITH FILE ISO

Posted by NETWORKING SUPPORT on Tuesday 7 June 2016

Alhamdulillah.. Pagi yang indah di Bulan Ramadhan yang suci ini saya berhasil menyelesaikan salah satu artikel tulisan saya sendiri yaitu membahas mengenai “SETTING REPOSITORY LOKAL DI LINUX MENGGUNAKAN FILE ISO”. Sebelumnya saya telah membahas artikel dengan judul “MOUNTING FILE ISO PADA LINUX TERMINAL”, artikel kali ini merupakan episode lanjutan dari artikel sebelumnya yang saya sebutkan tadi. Penulis mendapatkan pengetahuan ini dari pengalaman ketika menuntut pendidikan di SMK Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di lembaga instansi pemerintah yaitu SMKN 1 PURWOSARI, penulis berencana untuk membagikan keahlian kompetensi yang telah didapat selama 3 tahun menuntut ilmu di lembaga pendidikan terkait.



Repository adalah source yang digunakan oleh Linux untuk men download dan meng install aplikasi yang dibutuhkan. Jadi, repository adalah bank aplikasi milik linux. Linux merupkan sistem operasi Open Source (Bebas Lisensi). Sehingga semua aplikasi linux didapatkan dengan harga Rp. 0,00 alias gratis, aplikasi linux itu tidak ada lisensi sehingga dapat dipakai selamanya tanpa melihat expired 30day yang biasanya ada pada aplikasi yang berlisensi. Pokoknya pakai Linux ini sangat murah meriah dan sangat menguntungkan jika dijalankan dalam hal bisnis di perusahaan. Sebuah perusahaan tidak perlu lagu membayar biaya tambahan setiap tahun untuk membuka lisensi penggunaan aplikasi. Sebelumnya saya telah membahas bagaimana setting repository dengan source FTP Server penyedian repository linux di Internet, nah sekarang saya akan membagikan bagaimana cara setting repository dengan menggunakn source file iso yang telah dimounting di direktori dalam Linux. Caranya mudah kok kita tinggal bermain dengan Linux Terminal, yuk di simak langkah kerjanya:


  1. Buka terminal kemudian login user menggunakan SuperUser/Su/Root untuk mendapat hak akses dan kontrol tertinggi dalam sistem operasi.
  2. Kemudian Insert Flashdisk yang berisi file iso Debian 7.1 disc1.iso pada port usb komputer, setelah itu mounting flashdisk ke dalam folder linux simak disini;
  3. Setelah flashdisk telah di mounting di folder linux, selanjutnya mounting file iso yang ada didalam flashdisk agar dapat diakses oleh System Repository Linux simak disini;


  4. Selanjutnya yaitu buka dan edit file konfigurasi repository yang berada pada /etc/apt/source.list Perhartikan format penulisan repository di file konfigurasi repo ini. 
  5.      Kemudian tambahkan baris repository lokal yang mana address source nya mengaarah pada lokasi mounting file iso Debian 7.1 disc1.iso. Karena sistem operasi yang digunakan yaitu Debian Jessie namun saya menggunakan source repo dari file iso Debian Wheezy, Apa Bisa Bang???? Jelas BISA lah, ini hanya permainan konfigurasi kalo dianalogikan misal saya punya motor honda Supra Fit tapi saya pakai mesinnya honda Karisma. Nah begitulah analoginya, maksud dari saya permainan konfigurasi yaitu ketika setting repository jelas kita harus memberikan id bahwa repository tersebut merupakan repository milik distro apa, nah karena kita menggunakan sistem operasi Debian Jessie, namun kita pakai repository milik Debian Wheezy kita hanya wajib menulis id repository WHEEZY sebagai main contrib. Anda Bingung,? Gak usah bingung langsung disimak screen shootnya :
                           
s   6. Sudah selesai? Langsung save aja konfigurasinya. Lanjot ke pengujian dengan cara meng eksekusi perintah    apt-get update, perintah ini digunakan untuk melakukan update list aplikasi dari source repository yang        telah ditulis dalam file konfigurasi /etc/apt/source.list , dan sekaligus mengecek apakah repository sudah      sesuai dengan distro yang benar. Setelah update selesai dengan sukses, selanjutnya eksekusi perintah apt-    get install bind9 perintah ini digunakan untuk melakukan instalasi aplikasi bind9 yang mana aplikasi           tersebut di unduh dari source repository yang sedang online (AKTIF), nah langsung simak saja gambarnya:

    Nah mudahkan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih saya ucapkan kepada anda yang telah melakukan kunjungan ke lamab blog saya. Jangan lupa follow dan share artikel ini dengan teman-teman anda yang bergelut dibidak administrasi server, komputerisasi linux, linux terminal, yang sekolah di teknik komputer dan  jaringan, yang mau ikut lomba LKS SMK IT NETWORKING SUPPOR 2016, yang belajar pakek linux, dan lain sebagainya. Senang rasanya bisa berbagi ilmu dan pengalaman bersama. Anda bisa copy artikel ini dengan mencantumkan alamat blog saya. Semoga bermanfaat, sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas luang waktu yang anda berikan untuk membaca dan meng share artikel saya.

Assalamualaikum Warrohmatullohhiwabarokatu..
Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan di tahun 2016 ini, semoga puasa kita kedepan diterima  oleh ALLAH SWT.. Aamiin









0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}