Home » » KONFIGURASI IP ADDRESS OS LINUX

KONFIGURASI IP ADDRESS OS LINUX

Posted by NETWORKING SUPPORT on Wednesday 1 June 2016

(Konfigurasi IPv4 pada Linux via GUI kurang greget :D, memperlambat adminisi server)
Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang membahas mengenai sistem operasi linux salah satunya yaitu bagaimana cara mengkonfigurasi IP ADDRESS pada Interface Jaringan Komputer (WLAN, ETHERNET) yang ada pada komputer. Pada dasar semua jenis Linux(Distro Linux) memiliki satu hal yang sama yaitu penggunaan Terminal dan sistem folder Root. Yang membedakan antara distro linux satu dengan yang lainnya yaitu Sources Aplication, yaitu aplikasinya. Jadi jika komputer anda menggunakan sistem operasi Debian maka anda tidak bisa menggunakan Sources Aplication milik Ubuntu,begitu juga sebaliknya. Peningkatan performa anatara Distro Linux dengan yang lainnya berbeda2x, itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari banyaknya distro linux yang sudah ada saat ini. Tanpa basa-basi lagi yuk kita simak, bagaimana mengkonfigurasi IP Address pada interface jaringan komputer yang menggunakan sistem operasi Linux,:

1) Pastikan anda mengetahui dan meng setup username dan password miliki Root/SuperUser/su. Setup ini dilakukan saat pertama kali anda memasang sistem operasi linux anda.

2) Buka Terminal Linux, kemudian Login user menggunakan username Root/SuperUser/su, Eksekusi perintah su kemudian Enter inputkan password user Root anda.

                                 
3) Buka dan Edit file konfigurasi yang ada pada directory /etc/network/interfaces, file ini digunakan untuk mengkonfigurasi Interface Jaringan Komputer yang telah terpasang pada komputer agan. Nah interface komputer agan diberikan id dengan name eth0(Fast Ethernet internal komputer agan), eth1(Fast Ethernet eksternal komputer agan), wlan0(WLAN Adapter (WiFi) internal agan), dan wlan1(WLAN Adapter (WiFi) Eksternal agan). Eksekusi perintah nano pada file konfigurasi Interface,
misal: nano /etc/network/interfaces

( Note*: auto, artinya setiap interface yang disebutkan akan meload konfigurasi otomatis begitu komputer booting. lo artinya Loopback interface 0 (nol) yaitu interface virtual jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer agan dengan jaringan virtual(Analogi loopback adalah batin yang biasanya agan bicara sama hati agan :D). Inet loopback artinya interface yang disebutkan merupakan interface yang diaktifkan sebagai interface loopback(untuk berkomunikasi dengan diri sendiri) )

4) Yok kita konfigurasi pada interface Fast Ethernet Internal Komputer kita, yang pertama dilakukan yaitu memberikan command untuk Auto Load configuration pada interface yang dikonfigurasi yaitu auto eth0, kemudian tentukan ini eth0 dikonfigurasi alamat ip secara dynamic(DHCP) atau static(sesuai keinginan administrator), yang terakhir isi dengan konfigurasi meliputi address,netmask/subnet,network,gateway, dan Broadcast Address.

(Note*: Konfigurasi alamat IPv4)

  • Address, digunakan untuk mengisi alamat ip komputer agan sendiri.
  • Subnet, digunakan untuk menentukan sub kelas network(CLDR-ClassLess Domain Routing) alamat ip komputer agan.
  • Netmask, digunakan untuk menentukan kelas network(Kelas A, Kelas B, Kelas C) alamat ip komputer agan.
  • Network, digunakan untuk mendefinisikan alamat ip komputer agan berada pada network id mana.
  • Gateway, digunakan unttuk mendefinisikan host yang akan menjadi pintu keluar request komputer agan, seperti contoh saya mau masuk ruang kelas D, jadi gateway saya untuk mencapai ruang kelas D yaitu Pintu masuk ruang kelas D.
  • Broadcast, digunakan untuk mendefinisikan alamat ip broadcast yang ada pada jaringan komputer agan. Fungsi nya apa sih, analogi ketika anda melakukan sms broadcast ke semua kontak(Semua alamat ip yang ada pada network agan )  yang ada di hp agan.

5)Setelah selesai mengkonfigurasi keluar dan simpan perubahan pada file konfigurasi tersebut, dengan menekan tombo ctrl+x (exit) kemudian inputkan karakter Y untuk menyetujui menyimpan konfigurasi. Selanjutnya restart service nya agar konfigurasi pada interface di muat oleh system, nama service yagn menangani ini yaitu service networking.
Eksekusi perintah: service networking restart 
Note*= Perintah ini juga dapat digunakan untuk me request alamat ip dhcp dari server dhcp jika interface komputer agan di set ke DHCP.

6)Sekarang ayo kita uji coba, apakah konfigurasi kita berhasil.. yuk kita panggil alamat ip komputer kita sendiri, yaitu menggunakan aplikasi PING (Bukan ping2x yang di bbm loh ya :D, PING yaitu kepanjangan dari Packet Internet Groper) digunakan untuk mengirim paket kepada alamat ip yang ditunjuk secara terus menerus atau sesuai dengan keinginan administrator.Jika packet terkirim(Success Transfered) berarti koneksi jaringan komputer agan dengan pemilik alamat ip yang di ping berjalan dengan lancar. Eksekusi perintah melalui linux dengan format ping alamat_ip.
Eksekusi Perintah: ping 171.11.11.2
Note*= Karena hanya komputer ini saja yang ada dijaringan (Komputer ini sendirian didalam jaringan) jadi pengujiannya hanya sampai ping ke alamat ip sendiri.

Nah begitulah akhirnya, mudah kan :D. Terimakasih sudah berkunjung ke laman blogku, bantu up dan share ya gan siapa tahu ada yang kesulitan melakukan praktek khususnya siswa smk tkj, hehe:D. Sekalian di Follow juga ya, habis ini ane mau share bagaimana setting alamat ip di linux secara DHCP.



0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}