Home » » APLIKASI IPv6 PADA JARINGAN AD HOC

APLIKASI IPv6 PADA JARINGAN AD HOC

Posted by NETWORKING SUPPORT on Thursday 26 May 2016

Kali ini saya akan membahas seputar jaringan komputer, mengenai pengaplikasian alamat IPv6 pada Jaringan AD HOC, baca juga artikel SHARING FILE PADA JARINGAN AD HOC WINDOWS7. Tujuan dari pengaplikasian IPv6 pada jaringan komputer ini hanya untuk pembelajaran bagi kita kedepannya, karena quota untuk penggunaan IPv4 di bumi sudah hampir habis, jadi mau tidak mau penduduk bumi harus beralih ke pengalamatan IPv6 untuk tetap terhubung dengan jaringan internet. IPv6 ini terdiri atas 128bit dengan 8oktek dan jumlah alamat ip yang tersedia mencapai 2128=3,4 x 1038 alamat. Sedangkan alamat IPv4 yaitu 4,294,967,296 alamat. Dalam praktikum kali ini saya dibantu dengan rekan saya untuk membuat sebuah jaringan wireless  peer to peer dengan menggunakan fitur yang ada di windows yaitu AD HOC, jadi salah satu komputer menjadi sebuah access point bagi komputer lainnya. Yok simak kerjanya:

1. Setting Firewall, Pastikan Firewall PC1 maupun PC2 dalam keadaan OFF,cara setting    firewall di windows. Control panel/system and security/windows firewall/Turn      Windows Firewall On or Off

2. Setting File Sharing,masuk ke Control Panel/Network and Internet/Network and     Sharing Center/Change Advance Sharing Setting.Turn on semua pengaturan         kecuali Password Protected baik yang di Publik Network maupun Home                     Network,setelah selesai click save change.Berikut screenshot urutannya.




3. Setting IP Address dengan cara masuk control panel/Network and                                    Internet/Network and Sharing Center/Change Adapter Setting.Click kanan                  Wireless Network Conection,click Properties hilangkan tanda Network Protocol          Version 4, double click Network Protocol Version 6,kemudian isi IP address                  dengan benar.Berikut screenshot urutannya.
(NB: IP address masing-masing PC tidak boleh sama, pastikan beda pada oktet terbelakangnya biar mudah)

4. Connect jaringan wireless(Ad Hoc) yang dibuat oleh PC1 (Simak: MEMBUAT             JARINGAN AD HOC WINDOWS7),dengan cara click icon wireless di                       taskbar.click connect wireless yang dibuat oleh PC1.


(Alhamdulillah Terhubung)

PENGUJIAN TENGOK DI WINDOWS EXPLORER > NETWORK APAKAH ADA NAMA PC YANG TERHUBUNG DALAM JARINGAN


Ketik perintah di start menu ping nama_pc1,kemudian Enter.System akan langsung mengeksekusi perintah ping terhadap nama_pc1.
           (Jika bertuliskan reply from alamat_pc1...artinya proses ping ke pc1 sukses.)




0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}