Home » » WEB PENGHITUNG LUAS SEGITIGA SEDERHANA

WEB PENGHITUNG LUAS SEGITIGA SEDERHANA

Posted by NETWORKING SUPPORT on Sunday 22 May 2016

Kali ini saya akan membagikan artikel yang saya ambil dari tugas sekolah saya selama tiga tahun menekuni dan mempelajari jurusan teknik komputer dan jaringan di sekolah tercinta dan terhebat SMKN 1 PURWOSARI :D. Saya membagikan cara membuat sebuah luas segitiga counter sederhana melalui script web php, jadi calculator ini dibuka melalui web browser yang bertindak sebagai reader dari file web .php , YOK langsung cus ke Langkah Kerja:

ORIENTASI:
Membuat sebuah web yang dapat mengatasi operasi hitung layaknya calculator web calculator ini ber inti  kan command system php. web calculator php memiliki 2 tubuh penting yaing pertama form.html (Nanti menjadi laman web yang bertindak sebagai interface dengan luas segitiga counter) yang kedua yaitu proses.php (Bertindak sebagai inti dari web calculator, artinya command yang ada pada file proses.php berfungsi untuk mengatasi segala macam operasi hitung luas segitiga). CUS:

1. Buka tool/software web editing semisal SUBLIME atau yang lainnya, pada artikel kali ini saya menggunakan tool bawaan windows yang lebih praktis dan cepat.

2. Membuat bagian tubuh pertama saya beri nama file form.html
<html>
<head><title> Penghitung LUAS Segitiga </title> </head>
<body bgcolor="silver">
<h1 align="center"> Web Penghitung Luas Segitiga oleh: Dimas Ginanjar S.W. (X TKJ1 / 11)</h1>
<p> Masukkan angka alas dan tinggi segitiga yang anda inginkan untuk diketahui luasnya dalam <font color="red">satuan CM</font>,misal jika anda ingin memasukkan angka 1 meter maka tulis 100 pada isian form dibawah ini.</p>
<form name="Form Pengisian Alas dan Tinggi Segitiga" method="post" action="proses.php">
<p align="center"> ALAS : <input type="number" name="alas" value="CM"> CM</p>
<p align="center"> TINGGI : <input type="number" name="tinggi" value="CM"> CM</p>
<br><p align="center"> <input type="submit" name="button" value="HASILNYA"></p></br>
</body>

</html>

3. Membuat bagian tubuh kedua yaitu inti dari calculator web saya beri nama file proses.php
<?php
$alas = $_POST['alas'];
$tinggi = $_POST['tinggi'];
$Luas = 0.5* $alas * $tinggi ;
echo "<br><font size=6 >Jadi hasil Luas SEGITIGA yang Anda cari dengan alas $alas CM dan tinggi $tinggi CM diperoleh hasil $Luas CM*CM </font></br>";
echo "<p> <a href=form.html>MAU COBA LAGI ? </a> </p>"; 
?>

4. Uji coba dengan membuka file form.html menggunakan web browser, INGAT form.html dan proses.php harus diletakkan dalam 1 ranjang :D ehhh maksud ane 1 folder yang sama karena kedua file web ini sudah terikat oleh semacam KONEKSI :D.

Oke mari kira bahas satu persatu hasil kerja kita diatas, Pertama bagaimana bisa file form.html dan proses.php bisa saling terhubung ? hal ini karena form.html menampung semua info numeric yang di input kan oleh pengguna kemudian begitu di click HASILNYA form.html mengirimkan semua info numeric beserta tipe hitungan (+,-,/,*) ke proses.php. KOK BISA? tengok kembali pada script web form.html yang bertuliskan POST(Artinya Kirim), KIRIMNYA KEMANA BANG? ke proses.php dong (Tengok pada baris web form.html ini <form name="Form Pengisian Alas dan Tinggi Segitiga" method="post" action="proses.php">

Kedua, loh kenapa begitu di click hasilnya kok cuman muncul tulisan aja bang? karena web calculator berjenis web php. Web browser kita sendiri hanya mampu membaca file web.html oleh karena itu kita harus meng install aplikasi tambahan sebagai php reader salah satunya yaitu XAMPP atau APACHE. Aplikasi tersebut sejenis dengan aplikasi web server yang menangani berbagai request kegiatan web seperti web hosting. Untuk menguji web calculator php kamu, cukup installm xampp kemudian aktifkan semua service nya. Beres deh !!!! Bagaimana cara menyetel XAMPP sebagai web server? tengok artikel di episode selanjutnya.

Terimakasih telah berkunjung di web blog saya, bantu share dan follow ya Gan.... :D :)
WATASHIWA HONTONI ARIGATOU :D macak NIPPON




0 comments:

Post a Comment

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}