Home » » PENJELASAN MENU PHOENIX BIOS

PENJELASAN MENU PHOENIX BIOS

Posted by NETWORKING SUPPORT on Sunday 22 May 2016

Kali ini saya akan membahas masing2 bagian yang ada pada menu PHOENIX BIOS, apa sih BIOS dan bagaimana fungsinya/perannya pada komputer. BIOS merupakan program kkomputer yang disimpan pada ROM BIOS, bios dapat diupgrade dengan cara melakukan flashbios. Keperluan upgrade bios biasanya digunakan untuk mendapat feature tambahan dari update bios semacam contoh fitur OVERCLOCKING dan TEMP MONITOR. Pertama kali komputer dihidupkan, yang berjalan yaitu program BIOS. Program tersebut melakukan serangkaian proses checking yang disebut POST (Power On Self Testing) artinya BIOS melakukan semua pengecekan terhadap komponen yang terpasang pada motherboard komputer. Jika ada komponen komputer yang bermasalah,maka BIOS akan memberi notifikasi berupa suara BEEP. Untuk menetahui arti dari bunyi BEEP yang keluar bisa anda simak pada artikel berikut ARTI BUNYI BEEP BIOS. Setelah proses POST selesai BIOS memuat program BOOTLOADER. Apa lagi ni BOOTLOADER? bootloader yaitu program yang digunakan untuk memuat sistem operasi yang dipasang pada komputer tersebut. Jadi kesimpulannya tanpa BIOS,komputer tidak akan bisa digunakan sama sekali hanya hidup blank hitam dengan cpu fan yang menyala...Wung Wung Wung hehehehe.... :D

LANJOT Berikut penjelasannya:

Ø System Time pada bagian ini digunakan untuk mengatur settingan waktu
Ø System Date, Pada bagian digunakan untuk mensetting tanggal.
Ø Diskette A ,Diskette B, bagian ini diguanakan untuk mengkonfiguraskan floppy disk yang akan digunakan.Jika Disable maka perangkat ini tidak akan digunakan pada komputer (OFF).

Ø Primary Master, digunakan unutk mengatur setting perangkat keras yang memiliki posisi “Master” pada port IDE 1 pada Mother Board.

Ø Primary Slave, digunakan unutk mengatur setting perangkat keras yang memiliki posisi “Slave” pada port IDE 1 pada Mother Board.

Ø Secondary Master, bagian ini digunakan unuk mengatur setting perangkat yang memiliki posisi “Master” pada port IDE 2 pada mother bard

Ø Secondary Slave, bagian ini digunakan unuk mengatur setting perangkat yang memiliki posisi “Slave” pada port IDE 2 pada Mother Board

Ø Keyboard feature, menu ini digunakan unutk mengatur feature yang berhubungan dengan perangkat keras input Keyboard.



Perlu Diingat Jika terjadi kesalahan konfigurasi pada menu ini maka komputer tidak akan bisa melakukan boot maka anda harus me-load Setting BIOS ke dafault dengan tekan tombol F9 pada keyboard anda.
Ø Multiprocessor Spesification, digunakan untuk menampilkan spesifikasi dari processor yang terpasang pada motherboard.(menampilkan frequensi dari processor yang terpasang )

Ø Installed OS [win 95/win 98 APM], kita dapat memilih sistem operasi yang kita perlukan,dilihat dari sistem kita dimana kita lebih banyak menggunakan sistem tersebut.


ØReset Configuration Data, digunakan unutk menghapus system konfigurasi data yang ada.


Ø Large Disk Access Mode, digunakan unutk menentukan mode akses disk yang sesuai dengan jenis Operating System yang terinstal DOS,atau yang lainnya.


Ø Advance Chipset Control, digunakan unutk mengatur semua yang berhubungan dengan chipset,bus,dan lain sebagainya.


Ø Menu Security, berfungsi untuk mengatur keamanan agar konfigurasi BIOS tidak dirubah oleh orang yang tidak bertanggungjawab serta dapat juga digunakan untuk mencegah orang yang tidak bertanggung jawab masuk kedalam komputer( Boot Ke dalam OS ).Maka dari itu Menu Security digunakan untuk membuat password.

Ø Set User Password, digunakan unutk membuat password yang digunakan untuk user name komputer.sehingga orang yang tidak tahu password komputer tersebut maka ia tidak akan bisa masuk kedalam jendela OS (boot OS ).
Ø Set Supervisor password, digunakan untuk membuat password yang digunakan untuk menjaga keamanan konfigurasi BIOS.Sehingga jika orang ingin masuk kedalam jendela BIOS maka orang tersebut harus memasukkan passwordnya.

Ø Password On Boot, digunakan untuk mengenable atau disable password saat booting.Jika di enable maka kita harus memasukkan password yang kita buat melalui BIOS pada “Set User Password”.

Ø Power Menu, menu ini digunakan unutk mengkonfigurasi penggunaan daya pada komputer.unutk meningkatkan performa dan menghemat penggunaan daya.


Ø Power Saving Digunakan unutk mengatur penggunaan daya.Jika di-enable maka kita dapat memilih Maximum Power Saving (untuk hemat daya) dan Maximum Performance ( Boros Daya tapi perfoma komputer bagus).Disable untuk tidak menggunakan power management.

Ø StandBy Time Out,digunakan untuk mengatur waktu yang diperlukan komputer untuk beralih ke mode standby (sleep). stand by mematikanseluruh alat mencakup layer sampai kita men-start untuk menggunakan komputer lagi.
      
      Boot Menu
Digunakan unutk mengconfigurasi perangkat keras  yang digunakan untuk booting serta juga mengatur perangkat keras  mana yang dijadikan sebagai first boot,second boot,third boot dan seterusnya( Mengatur Urutan ).Pada first boot maka komputer akan melakukan boot terlebih dahulu pada perangkat keras yang menjadi posisi first (pertama),kemudian jika perangkat device tidak bisa digunakan unutk boot maka secara otomatis komputer akan boot melalui perangkat second (kedua) dan seterusnya

Terimakasih,Bantu share ya Gan + Follownya bila berkenan :) maaf tulisanya embel2x


1 comments:

  1. Gan kalo advance menu gk ada gimana munculinnya ?

    ReplyDelete

SUBTITLES

Followers

Latar Belakang Blog Site

Blog site ini membahas mengenai seputar pengalaman dan ilmu yang didapat penulis selama tiga tahun menempuh sekolah SMK di keahlian Teknik Komputer dan Jaringan tepatnya di SMKN 1 PURWOSARI Kab.Pasuruan Prov.JawaTimur, Penulis selain tertarik dibidang Teknkik Komputer dan Jaringan yang berbasic IT, penulis juga mempunyai minat dibidang mesin otomotif.

SALAM ILMU PENGETAHUAN

Dimas Ginanjar Sastra Wijaya

PENULIS

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}